Pemkab Pesawaran kembali Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif pada IGA 2023

Pemkab Pesawaran kembali Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif pada IGA 2023

Pemerintah Kabupaten Pesawaran berhasil meraih kembali penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai “Kabupaten Sangat Inovatif” dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Pesawaran, dan Kepala Balitbang Pesawaran di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (12/12/2023).

Pada tahun 2022 lalu, Kabupaten Pesawaran masuk dalam Kategori Sangat Inovatif dan pada tahun 2023 ini kembali mendapatkan Kategori Sangat Inovatif dengan masuk Nominator Kabupaten Terinovatif yang ikut dalam Presentasi Kepala Daerah Terinovatif.

Innovative Government Award merupakan salah satu kegiatan unggulan Kementerian Dalam Negeri yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007 hingga saat ini. Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berhasil menerapkan inovasi dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pelaksanaan inovasi daerah didasarkan pada UUD Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. 

Capaian IGA Tahun 2023 merupakan capaian tertinggi dalam sejarah IGA, baik dalam jumlah inovasi maupun partisipasi. Menurut data yang dilaporkan, jumlah inovasi yang dilaporkan mengalami eskalasi hingga tembus angka 28.539 inovasi dari 527 Pemda. Angka tersebut mencakup 4.205 inovasi Tata Kelola Pemerintahan, 17.745 inovasi Pelayanan Publik, dan 6859 inovasi bentuk lain.

Kabupaten Pesawaran termasuk dalam 41 kabupaten dengan kategori Sangat Inovatif. Kabupaten Pesawaran peringkat ke 18 dari 415 kabupaten yang berpartisipasi dalam ajang penghargaan IGA Award 2023,

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

About the author

BALITBANGDA Pesawaran administrator

Leave a Reply